Lima Tips Mulai Menabung

Posted on 28 Agustus 2010. Filed under: ekonomi dan bisnis, ragam | Tag:, , , , , , , , , , |

Liputan6.com, New York: Membuka rekening tabungan di bank sudah menjadi hal biasa bagi Anda. Namun, dengan seiring meningkatnya kebutuhan hidup, tabungan menjadi rekening penampung sementara saja. Jika begitu Anda perlu berhati-hati, terutama bila Anda sudah berkeluarga. Usahakanlah hidup sehemat mungkin, karena kebiasaan menabung dapat membantu Anda mencapai kebebasan finansial. Berikut tipsnya.

Menurut Lembaga Penasihat Keuangan Pribadi Moolanomy, Pinyo, jumlah bunga yang dihasilkan dari uang tabungan menciptakan angka ajaib, menambah jumlah simpanan Anda lebih cepat dan aman. Cobalah melihat sejenak perhitungan bunga yang ditawarkan, semakin besar keuntungan yang ditawarkan semakin menjadi daya tarik tersendiri. Namun jangan lupa, lihatlah akreditasi bank tersebut.

Kedua, beberapa orang berpikir harus memulai menabung dalam jumlah yang besar terutama untuk dana darurat ataupun uang pensiun. Mulailah dari jumlah uang kecil, hal ini guna mengukur kemampuan Anda sekarang serta membiasakan diri menyimpan uang. Dengan begitu Anda akan mampu mengendalikan pemasukan dan pengeluaran finansial secara rutin.

Ketiga, tekadkan tujuan menabung. Yang perlu dicatat, menabunglah untuk tujuan jangka panjang atau impian yang ingin Anda dapatkan. Seperti memiliki rumah hingga dana pendidikan anak. Catatlah dalam benak Anda dan berdiskusilah dengan pasangan Anda.

Keempat, Gunakanlah rekening tabungan berbeda sesuai rencana. Saat ini, bank telah menyediakan berbagai pilihan produk tabungan seperti dana pendidikan, perumahan, beribadah haji hingga dana pensiun. Jika memiliki dana lebih, bukalah rekening berbeda hal ini memudahkan mewujudkan impian Anda.

Kelima, masukkan dana tabungan bagian dari anggaran Anda. Hal ini memudahkan Anda menghitung pemasukan dan pengeluaran, alhasil, Anda tidak merasa bingung saat membuat pos khusus uang tabungan.

Selamat menabung! (usnews/ADI/MEL)

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • flag counter

    free counters

  • Blog Stats

    • 5,098 hits
  • wagejava.com

    click the image above

  • jama’ah rifa’iyah

    click the image above

  • pawon beton

    click the image above

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: